Tags

,

Layanan agen perjalanan lewat elektronik berinovasi. Selain menyuguhkan jasa pemesanan jatah tiket, akomodasi, dengan tur, semua pemilik situs online mulai mengembangkan layanan keperluan berwisata yang lain, mirip dokumen juga asuransi perjalanan.

Ezytravel.co.id, misalnya. Situs online agen perjalanan pada bawah PT Dwidaya Indo Exchange, grup perusahaan Dwidaya Tour and Travel, berdiri 23 September 2011. Di awalnya, situs itu melayani pemesanan jatah tiket pesawat rute domestik juga dunia, hotel, liburan kapal pesiar, juga paket tur.

Chief Technology Officer Doddy Lukito, Jumat (31/7/2015), dalam Jakarta, menyampaikan, sekarang, pihaknya tengah menggodok produk terupdate, adalah jasa pengurusan asuransi dengan dokumen perjalanan. Produk layanan tersebut menyasar, misalnya pengurusan pembuatan paspor dengan visa.

Kepada rencana, layanan dokumen perjalanan itu akan diluncurkan di triwulan IV- 2015 akhirnya pelayanan penuh dapat terjadi di 2016.

”Situs agen perjalanan dimengerti semakin diminati tapi wisatawan dibandingkan serta tawaran pemesanan jasa perjalanan milik perusahaan inti akomodasi wisata yang terjun menuju perdagangan memasuki elektronik (e-dagang),” ucap Doddy.

Persentase penjualan produk web blog agen perjalanan, jawab Doddy, bakal meningkat menjadi 47 persen dan perusahaan inti akomodasi tamasya 59 persen di 2016. Porsi persentase web online agen berpotensi membesar.

Doddy memperlihatkan optimisme itu di perusahaannya. Ialah contoh, mulai Januari 2015, nilai penjualan perusahaan menghadapi kenaikan 200 persen setiap bulan. Melalui khusus, nilainya meningkat 500 persen dari Mei menuju Juni sebab masa liburan Ramadhan juga Lebaran.

”Pengemasan website kami telah dilengkapi juga serta situs blog berisi ulasan destinasi. Kami ingin peluncuran dua produk terupdate berhasil mendongkrak nilai penjualan,” ujarnya. Dalam musim 2016, prioritas nilai naik 15 kali lipat.

Managing Director Jatah tiket.com Gaery Undarsa menyebutkan, pemesanan tiket secara elektronik akan menjadi kebutuhan pokok perjalanan pengunjung. Sepanjang 4 musim beroperasi, nilai penjualan pemesanan tiket makin besar. Sejak tahun 2015, jumlah pemesanan per hari mencapai 9.000 transaksi.

Demi melengkapi layanan mengakses elektronik, ia menuturkan, Jatah tiket.com tengah membangun jasa penyewaan mobil membuka elektronik. Upaya ini merupakan sesi dari inovasi.

Penelitian Asosiasi Penyelenggara Jasa Online Indonesia (APJII) juga Pusat Kajian Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial juga Politik Universitas Indonesia menyebut, penetrasi pengguna dunia maya di Indonesia 34,9 persen sepanjang 2014.

Dia menambahkan, dalam tempat Asia selanjutnya, seperti India, masyarakatnya sudah amat terbiasa memesan jatah tiket kereta api dalam jaringan. Perusahaan rintisan berbasis teknologi terkait, bahkan mampu mendapatkan omset besar. Pemerintah bahkan memasukkan merekapun ke dalam usaha besar bukan lagi rintisan.